Senin, 27 Oktober 2014

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD/MI                            :     ..........................
Mata Pelajaran             :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :     I/1
Standar Kompetensi    :     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar        :     Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu              :     2 x 35 menit

Tujuan Pembelajaran      :     -  Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang dan berani ( NK. Berani ( courage )
                                             - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar dengan penuh perhatian  ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),

Karakter siswa             :     Dapat dipercaya ( Trustworthines),
                                             Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
                                             Tekun ( diligence ) ,
                                             Tanggung jawab ( responsibility ),
                                             Berani ( courage )

Materi Ajar                     :     Kosakata

                                                   Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujian standar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata.

Metode Pembelajaran    :     - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
                                             -  Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  Guru bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu dengan berani ( NK. Berani ( courage ) .
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah dengan berani ( NK. Berani ( courage ) .
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan dengan penuh perhatian  ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
Buku teks,Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar, Rekaman kaset/CD, Buku-buku lain yang relevan.

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang dengan berani ( NK. Berani ( courage )
§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar dengan penuh perhatian  ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),

Tes  lisan

Merespon dengan mengulang secara lisan

Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................

NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar