Senin, 02 Mei 2016

Kurikulum KTSP Seni Budaya SD

52. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) A. Latar Belakang Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.  Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan  di sekolah karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan terhadap kebutuhan perkembangan peserta didik, yang terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.” Peran ini tidak dapat diberikan oleh mata pelajaran lain.   Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural.  Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.  Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara.  Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.  Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.   Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing.  Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi.  Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.
   612
B. Tujuan Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut. 1.  Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan 2.  Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan 3.  Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan 4.  Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.   C.  Ruang Lingkup Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut. 1. Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya 2. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik 3. Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari  4. Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran 5. Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.  Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.  
   613
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar   1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda  di alam sekitar
2. Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif   2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
Seni Musik   3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia   3.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia   3.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1 Menampilkan permainan pola irama sederhana   4.2 Mengekspresikan diri melalui vokal   4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia   4.4 Melafalkan lagu anak-anak   4.5 Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
   614
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Tari  5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat  5.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah    5.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1 Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan    6.2 Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton
Keterangan Unsur rupa: Meliputi titik, garis, bidang, warna, dan bentuk (volume, ruang). Dimensi: Bermakna ukuran.  Dua dimensi mengacu pada benda yang memiliki dua ukuran yakni panjang dan lebar.  Tiga Dimensi mengacu pada benda yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ketebalan (isi, volume,ruang). Gambar ekspresi: Gambar yang dibuat dengan maksud menyatakan gagasan/perasaan sendiri, tidak meniru orang lain.  Tema disesuaikan dengan situasi atau kondisi yang aktual. Teknik menggunting/menyobek: Teknik berkarya seni rupa dengan menciptakan berbagai bentuk yang dihasilkan dengan cara menggunting/menyobek bahan semacam kertas/karton. Elemen musik: Terdiri atas empat unsur yakni: (1) pitch (nada, melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna suara, dan (4) dinamika (keras-lembut). Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan perbandingan volume nada (keras lembut). Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: siulan, tepukan tangan, dsb. Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas: (1) Alat musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional  yakni alat musik yang dianggap milik etnis di wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola, drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni  segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb.  Level: Posisi tinggi rendah dalam melakukan gerakan tari. Rangsangan bunyi: Bunyi an yang dimaksudkan untuk menggugah perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh  Penonton: teman sekelas, kelas lain, orang tua murid, undangan
   615
Kelas I, Semester 2  
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Rupa  7. Mengapresiasi karya seni rupa 7.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar   7.2 Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda di alam sekitar
8. Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
8.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif   8.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel   Seni Musik  9. Mengapresiasi karya seni musik 9.1 Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam   9.2 Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan  alam   9.3 Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
10.1 Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana   10.2 Memeragakan  dinamik sederhana   10.3 Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana   10.4 Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib  
   616
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Tari  11. Mengapresiasi karya seni tari 11.1 Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat   11.2 Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah    11.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
12. 12.1 Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi  12.2 Merangkaikan gerak tari sesuai  iringan bunyi   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. 12.3 Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri  
Keterangan: Teknik menempel: Teknik menciptakan karya seni rupa dengan cara menempelkan berbagai bahan pada bidang datar.  Termasuk teknik ini adalah mosaik dan aplikasi.   Sumber bunyi yang dihasilkan alam: bunyi tetesan air, kicauan burung, dsb.  
   617
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Mengenal unsur rupa pada  karya seni rupa   1.2 Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
2. Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif   2.2 Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
Seni Musik  3. Mengapresiasi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat  musik   3.2 Membedakan antara nada dengan irama
4.1 Memeragakan dinamik sederhana 4.2 Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana 4.3 Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.4 Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton    
   618
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Tari  5. Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi gerak alam semesta     5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta  
6.  Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1 Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak   6.2 Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari
Keterampilan  7. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan 7.1 Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam   7.2 Menyiapkan  bahan alam untuk pembuatan cat   7.3 Membuat cat pewarna dari bahan alam  
Keterangan: Teknik cetak: Teknik berkarya seni rupa dengan cara menciptakan gambaran (citra) tidak dengan goresan langsung tetapi dengan media perantara/klise. Dalam bahasa Inggeris, teknik cetak disebut printmaking. Pada teknik cetak tunggal (monoprint), hasil cetakan hanya satu karena klisenya berubah sesudah digunakan. Sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat khusus musik: sendok yang dipukulkan pada botol, tiupan pada kertas yang terjilid, dsb. Eksplorasi gerak: adalah kegiatan menggali lebih dalam berbagai gerak sehingga ditemukan berbagai macam gerak baru.    
   619
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  8. Mengapresiasi karya seni rupa 8.1 Mengidentifikasi unsur rupa pada  karya seni rupa   8.2 Menunjukkan sikap apresiatif   terhadap unsur rupa pada karya seni rupa tiga dimensi
9. Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
9.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi   9.2 Menggunakan klise cetak timbul   9.3 Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
Seni Musik  10. Mengenal unsur musik 10.1 Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional   10.2 Membedakan antara nada dengan irama
11. 11.1 Memeragakan dinamik sederhana  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 11.2 Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana   11.3 Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
Seni Tari  12 Mengapresiasi karya seni tari 12.1 Mengidentifikasi gerak alam semesta    12.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta  
13. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1 Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
   620
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar   13.2 Menanggapi gerak alam semesta  dalam bentuk gerakan tari    13.3 Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton
Keterampilan  14. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan 14.1 Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman   14.2 Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat   14.3 Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman  
Keterangan: Sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional: melalui pukulan, tekanan, gesekan, atau tiupan.              
   621
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi karya seni rupa 1.1 Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi   1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri   2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
Seni Musik  3. Mengapresiasi  karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana   3.2 Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik   3.3 Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
4. Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
4.1 Memainkan alat musik ritmis sederhana   4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana Seni Tari  5 Mengapresiasi karya seni  tari 5.1 Menjelaskan simbol dalam seni tari   5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan 6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. 6.1 Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan   6.2 Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan
   622
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Keterampilan  7. Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana 7.1 Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin   7.2 Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas   7.3 Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas  
Keterangan Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan. Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai hiasan.  Biasanya menggunakan motif (tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya.  Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap sehingga dapat terbang di angkasa. Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca sebagai nada do). Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.      
   623
Kelas III, Semester 2  
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  8. Mengapresiasi karya seni rupa 8.1 Menjelaskan   simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi   8.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
9. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
9.1 Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar   9.2 Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Seni Musik  10. Mengapresiasi  karya seni musik 10.1 Menjelaskan simbol tempo dalam lagu   10.2 Menjelaskan makna ansambel   10.3 Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik   10.4 Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu
11 Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
11.1 Memainkan musik dalam bentuk ansambel  dengan alat musik ritmis sederhana   11.2 Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana  
Seni Tari  12  Mengapresiasi karya seni  tari 12.1 Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan  simbol dalam seni tari  
  12.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung
   624
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan   12.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
13. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1 Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  dengan iringan   13.2 Menyajikan tarian pendek bertema  dengan iringan   13.3 Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Keterampilan  14 Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana 14.1 Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin   14.2 Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas   14.3 Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas  
Keterangan Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana), properti (peralatan), tata rias atau gerakan.          
   625
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi karya seni rupa. 1.1 Menjelaskan makna seni rupa terapan   1.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat   1.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan   1.4 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan
2. Mengekspresikan diri melalui  karya  seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb   2.2 Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas
Seni Musik  3. Mengapresiasi karya  seni musik 3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis   3.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1 Menyiapkan permainan alat musik ritmis    4.2 Memainkan alat musik ritmis di depan penonton
Seni Tari  5.  Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat
   626
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar   5.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat  
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
6.2
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat  Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
Keterampilan  7. Mengapresiasi karya kerajinan 7.1
7.2
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara  Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara
8. Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi.
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara    8.2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat   8.3 Merancang benda dengan teknik  konstruksi   8.4 Membuat benda dengan teknik  konstruksi  
Keterangan  Gambar Ilustrasi: Gambar yang menceriterakan tentang suatu benda, hal, atau peristiwa. Keartistikan: Keindahan karya seni rupa yang tercermin pada berbagai faktor antara lain keserasian warna, proporsi bentuk, dan  kerapian.  Alat musik ritmis: Alat musik yang tidak memiliki nada, misalnya ringbel, tamburin, gendang.  Alat musik ritmis  juga merupakan penggolongan alat musik berdasarkan fungsinya. Tari Nusantara: Tari Nusantara adalah tari yang hidup dan berkembang di seluruh wilayah Nusantara. Tari Nusantara identik dengan tari tradisional.  
   627  
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  9. Mengapresiasi karya seni rupa  9.1 Menjelaskan makna seni rupa murni   9.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat   9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni
10. Mengekspresikan diri melalui  karya  seni rupa
10.1 Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias   10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas   10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas
Seni Musik  11. Mengapresiasi karya  seni musik 11.1 Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik   11.2 Mengidentifikasi perbedaan dinamika    11.3 Mengidentifikasi alat musik melodis   11.4 Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik 12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik 12.1 Memainkan alat musik  melodis sederhana   12.2 Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana   12.3 Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
   628
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Tari  13  Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain   13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol dan keunikan gerak, busana, serta perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain 14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari  14.1  14.2 Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan  Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton Keterampilan  15. Mengapresiasi karya kerajinan 15.1
15.2
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat  Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
16. Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi
16.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara   16.2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri   16.3 Merancang pembuatan  benda dengan teknik  konstruksi   16.4 Membuat benda dengan teknik  konstruksi
Keterangan: Relief: Lukisan timbul yang diciptakan dengan cara memahat atau membentuk, menempel, memijit, dsb. Pola motif hias: Motif geometris, tumbuhan, hewan, atau manusia yang dijadikan sebagai pola hiasan. Bahan plastis: bahan lunak yang mudah dibentuk. Alat musik melodis: Alat musik yang memiliki nada misalnya seruling, pianika, rekorder.  Alat musik ritmis  juga merupakan penggolongan alat musik berdasarkan fungsinya.  
   629
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi  karya seni rupa  1.1 Menjelaskan makna motif hias   1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat     1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias Nusantara   2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya   2.3 Membuat  motif hias dasar jumputan pada kain
   630
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Musik  3. Mengapresiasi karya  seni musik 3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara   3.2 Menjelaskan makna ansambel sejenis   3.3 Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana  dalam bentuk ansambel sejenis   4.2 Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa  
Seni Tari  5.  Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain   5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
6.2
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah  lain  tanpa iringan Memeragakan tari Nusantara daerah  lain  tanpa iringan
Keterampilan  7. Mengapresiasi karya kerajinan  7.1  
7.2
Mendeskripsi  kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan meronce Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce
   631
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar 8. 8.1 Merancang karya kerajinan meronce  Membuat karya kerajinan dan benda permainan 8.2 Membuat karya kerajinan meronce   8.3 Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali   8.4 Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali  
Keterangan Meronce: Teknik membuat benda pakai/hias dari bahan manik-manik, biji-bijian, yang dirangkai dengan benang.    
   632
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  9. Mengapresiasi  karya seni rupa  9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat    9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah setempat
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1 Membuat topeng secara kreatif dalam hal teknik dan bahan   10.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi manusia dan kehidupannya   10.3 Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran kelas   10.4 Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran kelas/sekolah
Seni Musik  11. Mengapresiasi karya  seni musik 11.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara   11.2 Menjelaskan makna ansambel gabungan   11.3 Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana  dalam bentuk ansambel gabungan   12.2 Menyiapkan  pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana untuk dipentaskan di kelas atau di sekolah    12.3 Mementaskan pertunjukan lagu daerah Nusantara dengan iringan sederhana di kelas atau di sekolah
   633
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Seni Tari  13  Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain   13.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain   13.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain 14. Mengekspresikan diri melalui seni tari 14.1 Menyiapkan penyajian tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan   14.2 Menyajikan tari Nusantara daerah  lain  dengan iringan   14.3 Mengadakan pementasan perpaduan seni musik dan seni tari Keterampilan  15. Mengapresiasi karya kerajinan 15.1  
15.2
Mendeskripsikan  kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame  Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan makrame
16. Membuat karya kerajinan dan benda permainan
16.1 Merancang karya kerajinan makrame   16.2 Membuat karya kerajinan makrame
  16.3 Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali   16.4 Membuat benda permainan yang  digerakkan dengan tali  
Keterangan Makrame: Membuat benda pakai/hias dari bahan tali-temali dengan teknik simpul.
   634
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  1. Mengapresiasi  karya seni rupa  1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain     1.2 Menjelaskan cara membatik   1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
2. 2.1 Membatik dengan teknik sederhana  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa 2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah   2.3 Merancang boneka   2.4 Membuat boneka berdasarkan rancangan  
Seni Musik  3. Mengapresiasi  seni musik 3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara   3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
4.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis   4.2 Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana  
Seni Tari  5.  Mengapresiasi karya seni tari 5.1 Menjelaskan makna pola lantai pada tarian   5.2 Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat
   635
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar   5.3 Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat
6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1  
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok   6.2 Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok
Keterampilan  7. Mengapresiasi karya kerajinan 7.1  Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman   7.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman
8. Membuat karya kerajinan 8.1 Membuat kerajinan anyaman   8.2 Merancang benda pakai dari bahan anyaman   8.3 Membuat benda pakai dari bahan anyaman  
   636
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Seni Rupa  9. Mengapresiasi  karya seni rupa  9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain     9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
10. Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
10.1 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar   10.2 Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas   10.3 Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas
Seni Musik  11. Mengapresiasi karya seni musik 11.1 Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara   11.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara
12. Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
12.1 Memainkan alat musik ritmis dan melodis   12.2 Menyiapkan  pertunjukan  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana    12.3 Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana    
Seni Tari
   637
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
13.
Mengapresiasi karya seni tari 13.1 Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara   13.2 Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1 Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok   14.2 Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah   14.3 Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah
Keterampilan  15. Mengapresiasi karya kerajinan 15.1  Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda   15.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda
16 Membuat  benda mainan beroda 16.1 Merancang benda mainan beroda   16.2 Membuat benda mainan beroda    
E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar