RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN
: Ilmu Pengetahuan Sosial
KELAS/
SEMESTER
: IV/ II
ALOKASI
WAKTU
: 1 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi
di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.
B. Kompetensi Dasar
2.3. Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya.
C. Indikator
Menyebutkan jenis-jenis teknologi
komunikasi beserta kelebihan dan kekurangannya
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan pengertian teknologi
komunikasi
2. Siswa dapat menyebutkan 3 jenis teknologi komunikasi
3. Siswa dapat menyebutkan keuntungan dan kerugian
menonton TV
E. Materi pembelajaran
Surat itu merupakan bentuk komunikasi tidak langsung
kepada temanmu. Komunikasi adalah penerimaan pesan, baik langsung atautidak
langsung. Komunikasi langsung berupa menanyakan langsung tanpa alat.
Contohnya,Rian bertanya tentang letak rumah sakit. Komunikasi tidak langsung
menggunakan alat.Alat komunikasi mengalami perkembangan. Contohnya Anton
menghubungi Ani melaluitelepon. Alat komunikasi memudahkan manusia dalam
berhubungan. Alat komunikasi mempercepat penyampaian pesan. Alat komunikasi
dapat berupa elektronik dan mediacetak. Teknologi komunikasi dapat mengatasi
jarak dan waktu. Jarak yang jauh terasa dekat.Waktu yang dibutuhkan cepat. Alat
komunikasi sekarang ini sangat banyak. Baik yang tradisional maupun modern.
Contohnya, berupa surat, telepon, telegram, tv, radio, fax.
F. Strategi Pembelajaran
1. Metode :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan.
2. Pendekatan :
Kontekstual
3. Model
Pembelajaran :
Inkuiri
G. Sumber Belajar
1. Buku IPS Kelas IV Karangan I.S Sadirman
2
H. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Tahapan
|
Kegiatan
Guru-Siswa
|
Kegiatan Awal:
|
· Guru masuk kelas dan mengucapkan salam
· Guru menyuruh siswa untuk berdoa
· Mengkondisikan peserta didik untuk siap
belajar
Kegiatan
Orientasi:
· Guru memperlihatkan media berupa pesawat
telepon, kemudian melakukan tanya jawab tentang “alat komunikasi”
· Guru menginformasikan topik dan tujuan
pembelajaran : “Anak-anak, hari ini kita akan belajar mengenai komunikasi.
Kita akan mencari tahu, bagaimanakah perkembangan teknologi komunikasi di
sekitar kita sejak dahulu hingga saat ini.’
· Guru menginformasikan kegiatan yang akan
dilakukan : ‘Anak-anak, nanti kalian akan bekerja secara berkelompok untuk
membahas mengenai teknologi komunikasi di sekitar kita. Mengapa kita perlu
mempelajari tentang teknologi komunikasi?
|
Kegiatan inti:
|
· Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok .
· Guru melakukan tanya jawab mengenai contoh-contoh
teknologi,
· Guru menanyakan kepada beberapa siswa mengenai
pengalamannya menggunakan alat komunikasi
· Guru menanyakan secara lisan kepada siswa,
tentang manfaat komunikasi yang pernah dirasakan oleh siswa.
Perumusan
Masalah:
· Berdasarkan jawaban-jawaban yang diperoleh dari
siswa, guru mengajukan serangkaian permasalahan berkaitan dengan teknologi
komunikasi untuk dianalisis oleh siswa bersama kelompoknya, yakni :
1. Setiap waktu kita tidak bisa lepas dari kegiatan
berkomunikasi. Mengapa kita memerlukan teknologi komunikasi dalam kehidupan
sehari-hari?
2. Televisi merupakan salah satu alat komunikasi
yang sangat dekat dengan kita. Perlukah kita menonton TV? Mengapa?
Merumuskan Hipotesis:
· Guru membagikan LKS kepada masing-masing
kelompok, Setiap siswa merumuskan hipotesis awal atas pertanyaan yang
diperolehnya dalam LKS, kemudian membahasnya bersama kelompok.
Pengumpulan
Data:
· Setiap siswa mengumpulkan informasi-informasi
yang berkaitan dengan permasalahan yang telah diperoleh, sesuai dengan
panduan yang ada dalam LKS.
· Setiap siswa menyampaikan hasil temuannya
dalam kelompok untuk membahasnya bersama-sama.
.
Pengujian
Hipotesis:
· Setiap siswa menentukan jawaban yang dianggap paling
dapat diterima dari permasalahan yang sedang dibahas berdasarkan
informasi-informasi yang diperoleh.
· Setiap siswa mendiskusikan jawaban yang
diperoleh bersama kelompoknya.
Perumusan
Kesimpulan:
· Setiap siswa membuat kesimpulan atas
jawaban-jawaban yang telah diperoleh berkaitan dengan permasalahan yang
sedang dikaji sesuai dengan panduan dalam LKS.
· Setiap siswa menyampaikan kesimpulan yang
dibuatnya dalam kelompok untuk didiskusikan.
· Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya
kepada kelompok yang lain, dan kelompok lainnya memberikan tanggapan
|
Konfirmasi
|
· Memfasilitasi siswa menyelesaikan masalah yang
belum terselesaikan.
·
·
|
Kegiatan
Akhir:
|
· Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
· Siswa mengerjakan soal evaluasi
· Memberikan tindak lanjut
· Menutup pembelajaran
|
I. Evaluasi
a. Prosedur
tes : tes akhir
b. Jenis tes :
uraian
c. Bentuk
tes :
tertulis
d. Alat
tes :
soal – soal
Butir-butir soal
1) Apakah yang disebut dengan teknologi komunikasi?
2) Sebutkan 3 jenis alat komunikasi yang kalian ketahui !
3) Sebutkan masing-masing 3 keuntungan dan kerugian yang
kamu ketahui karena menonton TV!
Kunci Jawaban:
1) Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang dapat
memudahkan manusia dalam kegiatan komunikasi atau saling bertukar pesan.
2) surat, telepon, fax, televisi, internet, dan radio.
3) Televisi
a. Keuntungan:
· Memperoleh hiburan
· Memperoleh informasi
· Menambah wawasan dan pengetahuan
b. Kerugian:
· Menjadikan malas belajar
· Suka meniru hal-hal buruk dari tayangan TV
· Menjadikan lalai
LEMBAR KERJA SISWA
Jawablah pertanyaan dibawah, diskusikan jawabannya dengan teman
sekelompokmu !
1. Setiap waktu kita tidak bisa lepas dari kegiatan
berkomunikasi. Menurut pendapat kalian mengapa kita memerlukan teknologi
komunikasi dalam kehidupan sehari-hari ?
Jawaban:
2. Televisi merupakan salah satu alat komunikasi yang
sangat dekat dengan kita.
a. Menurut kalian perlukah kita menonton televisi ?
Jawaban :
b. Jika iya, kemukakan alasannya ?
Jawaban :
c. Apakah ada kerugian yang diakibatkan televisi ?
Jawaban :
d. Jika iya kemukakan alasannya ?
Jawaban :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar