Nama Sekolah
:
Kelas/ Semester : IV
(empat) / 2 (dua)
Mata
Pelajaran : IPA
Hari,
Tanggal : Rabu, 30
April 2014
Waktu
: 30 menit
Keterampilan
: Memberi Variasi
A. Standar Kompetensi
10. Memahami perubahan lingkungan fisik
dan pengaruhnya terhadap daratan
B. Kompetensi Dasar
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan
kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
C. Indikator
Kognitif:
§ Menyebutkan tindakan yang dapat mencegah kerusakan lingkungan
Afektif:
§ Menunjukkan sikap peduli terhadap kerusakan lingkungan
Psikomotor:
§ Menceritakan cara mencegah kerusakan lingkungan
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif:
§ Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan tindakan yang dapat mencegah
kerusakan lingkungan dengan benar.
Afektif:
§ Melalui cerita, siswa mampu menunjukkan sikap peduli terhadap kerusakan
lingkungan dengan baik.
Psikomotor:
§ Melalui presentasi kelompok, siswa mampu menceritakan cara mencegah
kerusakan lingkungan dengan baik.
E. Tujuan Latihan
Mahasiswa dapat melaksanakan
pembelajaran dengan keterampilan mengajar variasi serta komponennya yang
meliputi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan alat pelajaran,
dan variasi pola interaksi dan kegiatan.
F. Materi Ajar
Cara
Mencegah Kerusakan Lingkungan
a. Erosi: melakukan reboisasi dan penghijauan, mencegah
penebangan secara liar dan berlebih.
b. Abrasi: melakukan reboisasi dan penghijauan di sekitar
pantai, menciptakan hutan bakau dan hutan pantai, membuat daerah
penahan dan pemecah ombak, seperti batu-batu besar, dinding, atau beton.
c. Banjir: membuang sampah pada tempat yang benar,
menyediakan lahan kosong untuk ditanami tanaman, tidak menebang pohon secara
besar-besaran dan tanpa kontrol.
d. Longsor: tidak membiarkan tanah yang miring
menjadi gundul dengan melakukan reboisasi dan penghijauan, membuat sengkedan
(terasering) pada lahan pertanian di tanah miring, tidak membuat tempat tinggal
di daerah rawan longsor, seperti di kaki bukit, kaki tebing, atas bukit, dan
atas tebing.
G. Pendekatan, Model, dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan
: Student Centered
Model
: Pembelajaran
Kooperatif tipe STAD
Metode
: ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan penugasan
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
GURU
|
SISWA
|
KOMPONEN
KETERAMPILAN
|
Awal
(3 menit)
|
· Guru mengucapkan salam dan
meminta siswa untuk memimpin doa.
· Guru mengecek kehadiran siswa.
· Guru
mengingatkan pembelajaran sebelumnya tentang kerusakan lingkungan melalui
gambar. (apersepsi)
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai tentang cara mencegah kerusakan lingkungan.
(orientasi)
· Guru memberikan yel-yel sederhana
agar siswa mengikuti pembelajaran dengan giat dan semangat. (motivasi)
|
· Siswa
menjawab salam dan berdoa dipimpin oleh salah satu siswa. (religius)
· Siswa
mengkonfirmasi kehadiran.
· Siswa
mengingat dan menyebutkan pembelajaran sebelumnya tentang kerusakan
lingkungan.
· Siswa
mendengarkan dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan pembelajaran.
· Siswa
melakukan yel-yel sederhana sehingga muncul motivasi diri untuk mengkuti
pembelajaran.
|
Variasi
suara
Variasi mimik dan gerak
Kesenyapan
Pemusatan
Variasi
suara
Variasi mimik dan gerak
Pemusatan
|
Inti
(20 menit)
|
Eksplorasi
· Guru
menerangkan tentang pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar kita.
· Guru
memberikan contoh cara mencegah dampak kerusakan lingkungan berupa erosi
melalui video.
· Guru
menjelaskan kegiatan diskusi yang akan dilakukan.
· Guru membagi
siswa menjadi 3 kelompok dan mengatur posisi tempat duduk siswa.
· Guru
memberikan kertas undian untuk membagi materi.
Elaborasi
· Guru
mengawasi jalannya diskusi.
· Guru
membimbing siswa yang kesulitan selama proses diskusi.
· Guru
memberikan perhatian lebih pada siswa yang kurang aktif dalam proses diskusi.
· Guru menjaga situasi diskusi
agar tetap kondusif.
Konfirmasi
· Guru meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusinya.
· Guru meminta pendapat
masing-masing kelompok tentang kegiatan pencegahan kerusakan lingkungan yang
mereka bahas.
· Guru meminta siswa memilih dan menunjukkan gambar
cara pencegahan yang sesuai dengan hasil diskusinya.
· Guru meminta siswa menempelkan gambar tersebut pada
poster di depan kelas.
· Guru mengkoreksi dan mengapresiasi hasil kerja
masing-masing kelompok.
|
Eksplorasi
· Siswa
mendengarkan dan memahami pentingnya mencegah kerusakan lingkungan di sekitar
kita.
· Siswa
memperhatikan contoh yang diberikan guru dengan antusias.
· Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan diskusi yang akan dilakukan
· Siswa
bergabung dengan kelompoknya dan membuat posisi saling berhadapan.
· Siswa
mengambil kertas undian untuk memilih materi.
.
Elaborasi
· Siswa melakukan diskusi sesuai
dengan materi ”kerusakan lingkungan” bagiannya.
· Siswa membaca sumber bacaan
untuk menemukan informasi cara mencegah kerusakan lingkungan tersebut.
· Siswa menuliskan hasil
temuannya dalam suatu laporan diskusi.
Konfirmasi
· Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas.
· Siswa memberikan pendapat tentang kegiatan
pencegahan kerusakan lingkungan yang mereka bahas.
· Masing-masing kelompok memilih dan menunjukkan
gambar cara pencegahan yang sesuai dengan hasil diskusinya.
· S iswa menempelkan gambar tersebut pada poster di
depan kelas.
· Siswa mengumpulkan laporan diskusinya pada guru.
|
Variasi suara
Kontak pandang
Kesenyapan
Variasi mimik dan gerak
Perubahan posisi guru
Variasi mimik dan gerak
Pemusatan
Variasi visual
Variasi aural
Variasi alat bantú
Variasi interaksi
|
Akhir
(7 menit)
|
· Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
· Guru mengajak siswa merangkum
hasil kegiatan pembelajaran.
· Guru membagikan lembar kerja
individu sebagai bahan evaluasi.
· Guru melakukan penilaian baik
proses maupun hasil.
· Guru menyampaikan motivasi
untuk lebih giat berusaha sekaligus pesan moral untuk peduli terhadap
lingkungan di sekitar kita.
· Guru mengajak siswa mengucap
syukur dan memberi salam.
|
· Siswa menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan.
· Siswa dengan bimbingan guru
merangkum hasil kegiatan pembelajaran.
· Siswa mengerjakan lembar kerja
individu.
· Siswa mendengarkan motivasi dan
pesan dari guru.
· Siswa mengucap syukur dan
menjawab salam.
|
Variasi suara
Variasi mimik dan gerak
Kesenyapan
Kontak pandang
Perubahan posisi guru
Pemusatan
Variasi visual
Variasi aural
Variasi alat bantú
Variasi interaksi
|
I. Media dan
Sumber Belajar
- Buku yang relevan
- Slide power point
- Video reboisasi
- Poster pencegahan kerusakan
lingkungan
J. Penilaian
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotor
|
|
Prosedur
|
Penilaian proses dan hasil belajar
|
||
Jenis
|
Tes tertulis
|
Pengamatan
|
Penilaian Kinerja
|
Bentuk
|
Menjodohkan
|
Skala sikap
|
Unjuk kerja
|
Instrumen terlampir
|
Mengetahui,
Pembimbing
(..............................)
NIP. .......................
|
Surakarta, April
2014
Simulator
(..............................)
NIP. ......................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar