Sekolah :
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VI/ 1
Pertemuan
Ke- :
1
Alokasi
Waktu :
Materi
Pokok :
Pengolahan Data
A. Standar
Kompetensi
Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
B. Kompetensi
Dasar
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram batang
C. Indikator
· Siswa dapat membaca
data yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang dengan benar
· Siswa dapat mengolah
dan dan menyajikan data dengan benar
· Siswa dapat membuat
kesimpulan sendiri tentang mengolah dan menyajikan data secara tepat.
D. Tujuan
Pembelajaran
§ Setelah melihat
demonstrasi dari guru mengenai pengolahan data, siswa mampu membacadata yang
disajikan dalam bentuk kolom dan diagram batang dengan benar.
§ Setelah melakukan
diskusi kelompok kecil dalam mengolah data, siswa mampu mengumpulkan dan
menyajikan data menggunakan tabel dan diagram batang dengan benar.
§ Setelah mencocokan
tugas bersama guru, siswa dapat membuat kesimpulan sendiri tentang mengolah dan
menyajikan data dengan benar.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin, rasa
hormat dan perhatian, tekun dan tanggung
jawab
E. Materi
Ajar (Lampiran 1)
Penyajian dan Pengolahan Data
§ Menyajikan data dengan
menggunakan tabel dan diagram batang
F. Model dan Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Cooperative
Learning
Tipe
Pembelajaran : TPS (Thinking
Paired And Share) berfikir berpasangan dan berbagi
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi, presentasi, pemberian
tugas.
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
§ Apersepsi
F Guru membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam.
F Guru memeriksa
kehadiran siswa.
F Guru mengkondisikan
peserta didik untuk siap menerima materi.
F Guru mengingatkan
materi sebelumnya.
F Guru bertanya kepada
siswa mengenai gambar diagram yang pernah mereka lihat disekitarnya? (di kantor
kelurahan, kantor guru, kantor polisi atau melihat dari media
massa), siswa menanggapi dan guru meluruskan jawaban.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
F Guru bertanya kepada
salah satu siswa “berapa banyak saudara kandungnya?”
F Guru membuat tabel dan
diagram batang sesuai data yang di
§ Elaborasi
F Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil @ 2 anak (bersama teman sebangkunya)
F Guru membagikan amplop
rahasia yang berisi soal
F Guru menjelaskan
langkah-langkah dan peraturan untuk mengikuti kegiatanbelajar.
F Siswa berdiskusi
bersama dan mengutarakan hasil pemikiran dengan bimbingan guru, kemudian hasil
pemikiran kelompok ditulis di lembar jawaban yang sudah di sediakan
F Setelah selesai,
perwakilan setiap kelompok maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusi
dengan berani.
F Siswa dan guru
bersama-sama membahas hasil pemikiran setiap kelompok, kemudian dicocokan
dengan melihat flipcard yang berisi jawaban yang sudah disiapkan oleh guru
F Guru meluruskan
jawaban peserta didik yang kurang tepat
§ Konfirmasi
F Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui kesimpulan
materi yang sudah dipelajari
F Memberikan feedback
serta apresiasi dari apa yang telah dilakukan siswa
F Memberikan penguatan
kepada setiap siswa
c. Kegiatan Penutup
F Memberikan pekerjaan
rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
F Mengucapkan salam
H. Media dan Sumber
Belajar
· Gambar Tabel dan
Diagram Batang
· Whiteboart, flipcard, amplop
rahasia
· Buku BSE Bersahabat
Dengan Matematika Kelas 6 SD, A. Dadi Permana dan Triyati
I. Penilaian (Lampiran 2)
Prosedur :
Proses dan hasil belajar
Teknik :
Tes (diskusi, presentasi)
Non
tes (tes formatif)
Instrumen :
Rubrik penilaian diskusi, presentasi, dan soal.
Salatiga
, April 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
(Lampiran 1)
MATERI AJAR
A. PENGOLAHAN DATA
1. Mengumpulkan dan Membaca Data
Kiki ingin mengetahui jenis buah-buahan yang
disukai teman-temannya. Untuk itu, Kiki bertanya kepada setiap temannya
mengenai buah-buahan yang mereka sukai. Dari 15 orang temannya, Kiki memperoleh
data sebagai berikut:
· 4 orang menyukai
jeruk.
· 5 orang menyukai apel.
· 3 orang menyukai
mangga.
· 3 orang menyukai
rambutan.
Dalam hal ini, Kiki telah mengumpulkan
data mengenai jenis buah-buahan yang disukai teman-temannya. Pengumpulan data
dapat dilakukan dengan cara pencatatan langsung maupun dengan cara mengisi lembar
isian.
@ Contoh lain:
Siswa Kelas VI yang berjumlah 30 orang
telah selesai melaksanakan ulangan Matematika. Kemudian, ibu guru memeriksanya
dan mencatat hasil ulangan Matematika setiap siswa sebagai berikut:
6, 6, 7, 7, 8, 5, 9, 7, 6, 7
8, 8, 8, 6, 5, 6, 6, 7, 9, 6
7, 7, 8, 8, 7, 8, 9, 9, 7, 5
Ibu guru ingin mengelompokkan nilai yang
diperoleh setiap siswa tersebut. Ada berapa orang yang mendapat nilai 7? Ada
berapa orang yang mendapat nilai 8?
Nilai
|
Banyak Siswa
|
5
|
3
|
6
|
7
|
7
|
9
|
8
|
7
|
9
|
4
|
Jumlah
|
30
|
Dari tabel tersebut diketahui bahwa
siswa yang mendapat nilai 5 ada 3 orang. Siswa yang mendapat nilai 6 ada 7
orang, siswa yang mendapat nilai 7 ada 9 orang, siswa yang mendapat nilai 8 ada
7 orang, dan siswa yang mendapat nilai 9 ada 4 orang.
2. Menyajikan Data Ke
Bentuk Diagram Batang
Data olahraga yang digemari siswa kelas
VI di depan disajikan dalam bentuk tabel. Selain dalam bentuk tabel, data dapat
disajikan dalam bentuk diagram. Bentuk diagram yang biasa digunakan yaitu
diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Bagaimana bentuk dan cara
membaca diagram-diagram tersebut?
Contoh:
· Tabel dan diagram
berikut menyajikan banyak siswa yang tidak masuk sekolah dari bulan Januari
sampai dengan Juni.
1. Tabel
Bulan
|
Banyak Siswa
|
Januari
|
2
|
Februari
|
4
|
Maret
|
3
|
April
|
6
|
Mei
|
8
|
Juni
|
7
|
2. Diagram Batang
Dari diagram-diagram di atas dapat
diketahui siswa yang tidak masuk sekolah setiap bulannya.
Contoh:
1. Pada bulan Januari siswa yang tidak
masuk 2 orang.
2. Pada bulan April siswa yang tidak
masuk 6 orang.
3. Pada bulan Maret terjadi penurunan
siswa yang tidak masuk dari bulan Februari.
(Lampiran 2)
RUBRIK PENILAIAN
DISKUSI
Nama :
Kelas /
semester :
Kelompok :
NO
|
INDIKATOR
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Siswa
bertanggung jawab dalam berdiskusi
|
||||
2
|
Siswa
melakukan kerjasama dengan anggota kelompoknya
|
||||
3
|
Kedisiplinan
dalam diskusi
|
||||
Jumlah Skor
|
Keterangan:
· Indikator Tanggung
Jawab
Sangat bertanggung
jawab : skor
4
Bertanggung
jawab : skor
3
Kurang bertanggung
jawab : skor
2
Tidak bertanggung
jawab : skor
1
· Indikator Kerjasama
Selalu
bekerjasama : skor
4
Bekerjasama : skor
3
Kurang
bekerjasama : skor
2
Tidak mau
bekerjasama : skor
1
· Indikator Kedisiplinan
dalam berdiskusi
Sangat disiplin dalam
berdiskusi : skor
4
Disiplin dalam
berdiskusi : skor
3
Kurang disiplin dalam
berdiskusi : skor
2
Tidak disiplin dalam
bekerjasama : skor
1`
· Jumlah skor maksimum
seluruh indikator
perilaku : 4
x 3 = 12
· Jumlah skor minimum
seluruh indikator
perilaku : 1
x 3 = 3
· Nilai
ideal : 100
· x nilai ideal
Performansi / presentasi/ penyampaian
hasil diskusi
RUBRIK PENILAIAN
PRESENTASI
No
|
Indikator Peilaku yang Dinilai
|
Skor Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Dalam menyampaikan presentasi
|
||||
2
|
Tingkat kebenaran/ keaslian data hasil pengamatan
|
||||
3
|
Menjawab pertanyaan kelompok lain
|
||||
4
|
Penggunaan bahasa dalam presentasi
|
KETERANGAN :
1. Dalam menyampaikan
presentasi
Skor 1 jika tidak ada yang bersedia
menyampaikan.
Skor 2 jika berani
maju namun dengan rasa takut/ gugup.
Skor 3 jika berani menyampaikan
hanya 2 dari anggota kelompok.
Skor 4 jika semua
anggota kelompok berani menyampaikan dengan jelas.
2. Tingkat
kebenaran/ keaslian data hasil pengamatan
Skor 1 jika yang disampaikan tidak tepat
atau < 30%
Skor 2 jika yang
disampaikan tingkat kebenarannya 30 % - 55 %
Skor 3 jika yang
disampaikan tingkat kebenarannnya 56 % - 80 %
Skor 4 jika yang
disampaikan tingkat kebenarannnya 81 % - 100 %
3. Menjawab pertanyaan
kelompok lain
Skor 1 jika tidak
pernah menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
Skor 2 jika berani
menjawab namun jawaban kurang tepat.
Skor 3 jika berani
menjawab 1 pertanyaan dari kelompok lain dengan jawaban tepat ataumenambah
jawaban teman.
Skor 4 jika berani
menjawab 2 atau lebih pertanyaan kelompok lain dengan jawaban tepat dan mudah
dipahami.
4. Penggunaan Bahasa
dalam presentasi
Skor 1 jika tidak menggunakan bahasa
Indonesia
Skor 2 jika menggunakan bahasa campuran
Skor 3 jika presentasi dengan
menggunakan bahasa Indonesia namun kurang tepat.
Skor 4 jika
presentasi dengan menggunakan bahasa dengan tepat
x 100
( Lampiran 3)
Amplop Rahasia (Soal
Diskusi)
|
|
|
|
Bonus Soal Diskusi
|
|
|
|
|
|
Assalamu'alaikum.. izin copi rubrik penilaiannya
BalasHapus